Changes
On June 5, 2025 at 9:56:16 AM +0800,
-
Deleted resource Jumlah Guru Jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kota Bima Tahun Ajaran 2022/2023-Genap dirinci menurut Jenis Kelamin, Kualifikasi Ijazah dan Kecamatan from Jumlah Guru Jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kota Bima
| f | 1 | { | f | 1 | { |
| 2 | "author": "Kemenag Kota Bima", | 2 | "author": "Kemenag Kota Bima", | ||
| 3 | "author_email": "", | 3 | "author_email": "", | ||
| 4 | "creator_user_id": "6373bc5e-1cd0-425a-ad09-645899e9ac4e", | 4 | "creator_user_id": "6373bc5e-1cd0-425a-ad09-645899e9ac4e", | ||
| 5 | "extras": [ | 5 | "extras": [ | ||
| 6 | { | 6 | { | ||
| 7 | "key": "Sumber Data", | 7 | "key": "Sumber Data", | ||
| 8 | "value": "Kantor Kementerian Agama Kota Bima" | 8 | "value": "Kantor Kementerian Agama Kota Bima" | ||
| 9 | } | 9 | } | ||
| 10 | ], | 10 | ], | ||
| 11 | "groups": [], | 11 | "groups": [], | ||
| 12 | "id": "10091ed4-60fe-4b49-861b-17a2b0e09c74", | 12 | "id": "10091ed4-60fe-4b49-861b-17a2b0e09c74", | ||
| 13 | "isopen": false, | 13 | "isopen": false, | ||
| 14 | "license_id": "", | 14 | "license_id": "", | ||
| 15 | "license_title": "", | 15 | "license_title": "", | ||
| 16 | "maintainer": "sektoral3", | 16 | "maintainer": "sektoral3", | ||
| 17 | "maintainer_email": "", | 17 | "maintainer_email": "", | ||
| 18 | "metadata_created": "2024-10-04T02:57:44.984224", | 18 | "metadata_created": "2024-10-04T02:57:44.984224", | ||
| n | 19 | "metadata_modified": "2025-06-05T01:56:04.943765", | n | 19 | "metadata_modified": "2025-06-05T01:56:16.594746", |
| 20 | "name": "jumlah-guru-jenjang-madrasah-tsanawiyah-mts-di-kota-bima", | 20 | "name": "jumlah-guru-jenjang-madrasah-tsanawiyah-mts-di-kota-bima", | ||
| 21 | "notes": "Datasheet ini berisi informasi tentang jumlah | 21 | "notes": "Datasheet ini berisi informasi tentang jumlah | ||
| 22 | pendidik/guru yang ada di masing-masing Satuan Pendidikan Islam | 22 | pendidik/guru yang ada di masing-masing Satuan Pendidikan Islam | ||
| 23 | jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) di seluruh wilayah kecamatan se- | 23 | jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) di seluruh wilayah kecamatan se- | ||
| 24 | Kota Bima.\r\n>*__Guru Madrasah Tsanawiyah (MTs)__* merujuk pada | 24 | Kota Bima.\r\n>*__Guru Madrasah Tsanawiyah (MTs)__* merujuk pada | ||
| 25 | seorang tenaga pendidik yang bertugas mengajar dan membina siswa di | 25 | seorang tenaga pendidik yang bertugas mengajar dan membina siswa di | ||
| 26 | jenjang pendidikan Madrasah Tsanawiyah, yaitu jenjang pendidikan | 26 | jenjang pendidikan Madrasah Tsanawiyah, yaitu jenjang pendidikan | ||
| 27 | menengah pertama berbasis agama Islam di Indonesia yang berada di | 27 | menengah pertama berbasis agama Islam di Indonesia yang berada di | ||
| 28 | bawah naungan Kementerian Agama, yaitu dari kelas 7 hingga kelas 9 | 28 | bawah naungan Kementerian Agama, yaitu dari kelas 7 hingga kelas 9 | ||
| 29 | (setara dengan SMP). Mereka memiliki kompetensi dalam bidang keilmuan | 29 | (setara dengan SMP). Mereka memiliki kompetensi dalam bidang keilmuan | ||
| 30 | umum dan agama Islam serta bertanggung jawab dalam membentuk karakter, | 30 | umum dan agama Islam serta bertanggung jawab dalam membentuk karakter, | ||
| 31 | pengetahuan, dan keterampilan siswa sesuai dengan kurikulum yang | 31 | pengetahuan, dan keterampilan siswa sesuai dengan kurikulum yang | ||
| 32 | berlaku di MTs. Selain mengajar, guru MTs juga berperan dalam | 32 | berlaku di MTs. Selain mengajar, guru MTs juga berperan dalam | ||
| 33 | pembinaan keagamaan, pengembangan karakter siswa, dan mendukung | 33 | pembinaan keagamaan, pengembangan karakter siswa, dan mendukung | ||
| 34 | pencapaian tujuan pendidikan nasional yang berlandaskan nilai-nilai | 34 | pencapaian tujuan pendidikan nasional yang berlandaskan nilai-nilai | ||
| 35 | keislaman.\r\n\r\nKualifikasi pendidikan yang dibutuhkan secara umum | 35 | keislaman.\r\n\r\nKualifikasi pendidikan yang dibutuhkan secara umum | ||
| 36 | adalah : \r\n\r\n* Lulusan Pendidikan Formal yang Relevan : Minimal | 36 | adalah : \r\n\r\n* Lulusan Pendidikan Formal yang Relevan : Minimal | ||
| 37 | memiliki gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.) atau setara dari lembaga | 37 | memiliki gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.) atau setara dari lembaga | ||
| 38 | pendidikan tinggi yang terakreditasi, dengan program studi yang sesuai | 38 | pendidikan tinggi yang terakreditasi, dengan program studi yang sesuai | ||
| 39 | seperti Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, atau bidang | 39 | seperti Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, atau bidang | ||
| 40 | studi lain yang relevan dengan mata pelajaran yang akan diajarkan di | 40 | studi lain yang relevan dengan mata pelajaran yang akan diajarkan di | ||
| 41 | MTs.\r\n* Memiliki Kompetensi Profesional : Mampu mengajar dan | 41 | MTs.\r\n* Memiliki Kompetensi Profesional : Mampu mengajar dan | ||
| 42 | mengelola pembelajaran di tingkat Madrasah Tsanawiyah, serta memahami | 42 | mengelola pembelajaran di tingkat Madrasah Tsanawiyah, serta memahami | ||
| 43 | kurikulum pendidikan agama dan umum yang berlaku.\r\n* Sertifikasi dan | 43 | kurikulum pendidikan agama dan umum yang berlaku.\r\n* Sertifikasi dan | ||
| 44 | Pelatihan Pendukung : Biasanya diperlukan sertifikasi pendidik, | 44 | Pelatihan Pendukung : Biasanya diperlukan sertifikasi pendidik, | ||
| 45 | seperti Sertifikat Pendidik (Pendidik Profesional) yang diperoleh | 45 | seperti Sertifikat Pendidik (Pendidik Profesional) yang diperoleh | ||
| 46 | melalui pelatihan dan pendidikan profesi guru (PPG), sesuai ketentuan | 46 | melalui pelatihan dan pendidikan profesi guru (PPG), sesuai ketentuan | ||
| 47 | dari Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan dan | 47 | dari Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan dan | ||
| 48 | Kebudayaan.\r\n\r\n>__Variabel-variabel dalam datasheet ini meliputi__ | 48 | Kebudayaan.\r\n\r\n>__Variabel-variabel dalam datasheet ini meliputi__ | ||
| 49 | :\r\n\r\n1. __KODE WILAYAH__ : Merupakan kode numerik untuk wilayah | 49 | :\r\n\r\n1. __KODE WILAYAH__ : Merupakan kode numerik untuk wilayah | ||
| 50 | Kota Bima dan lingkup wilayah dibawahnya, sesuai dengan ketentuan BPS | 50 | Kota Bima dan lingkup wilayah dibawahnya, sesuai dengan ketentuan BPS | ||
| 51 | yang merujuk pada Peraturan Badan Pusat Statistik Nomor 3 Tahun 2019. | 51 | yang merujuk pada Peraturan Badan Pusat Statistik Nomor 3 Tahun 2019. | ||
| 52 | Variabel dengan type data _numerik_, \r\n2. __NAMA WILAYAH__ : | 52 | Variabel dengan type data _numerik_, \r\n2. __NAMA WILAYAH__ : | ||
| 53 | Merupakan nama wilayah tempat populasi atau data berasal, dengan type | 53 | Merupakan nama wilayah tempat populasi atau data berasal, dengan type | ||
| 54 | data _teks_, \r\n3. __MTs_NEGERI GURU_Lk__ : Menunjukkan banyaknya | 54 | data _teks_, \r\n3. __MTs_NEGERI GURU_Lk__ : Menunjukkan banyaknya | ||
| 55 | pendidik/guru berjenis kelamin *laki-laki* pada Satuan Pendidikan | 55 | pendidik/guru berjenis kelamin *laki-laki* pada Satuan Pendidikan | ||
| 56 | Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang berstatus NEGERI di suatu | 56 | Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang berstatus NEGERI di suatu | ||
| 57 | wilayah tertentu, dengan type data _numerik_.\r\n4. __MTs_NEGERI | 57 | wilayah tertentu, dengan type data _numerik_.\r\n4. __MTs_NEGERI | ||
| 58 | GURU_Pr__ : Menunjukkan banyaknya pendidik/guru berjenis kelamin | 58 | GURU_Pr__ : Menunjukkan banyaknya pendidik/guru berjenis kelamin | ||
| 59 | *perempuan* pada Satuan Pendidikan Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah | 59 | *perempuan* pada Satuan Pendidikan Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah | ||
| 60 | (MTs) yang berstatus NEGERI di suatu wilayah tertentu, dengan type | 60 | (MTs) yang berstatus NEGERI di suatu wilayah tertentu, dengan type | ||
| 61 | data _numerik_.\r\n5. __JMLH GURU MTs_NEGERI__ : Menunjukkan banyaknya | 61 | data _numerik_.\r\n5. __JMLH GURU MTs_NEGERI__ : Menunjukkan banyaknya | ||
| 62 | pendidik/guru pada Satuan Pendidikan Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah | 62 | pendidik/guru pada Satuan Pendidikan Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah | ||
| 63 | (MTs) yang berstatus NEGERI di suatu wilayah tertentu, dengan type | 63 | (MTs) yang berstatus NEGERI di suatu wilayah tertentu, dengan type | ||
| 64 | data _numerik_.\r\n6. __MTs_SWASTA GURU_Lk__ : Menunjukkan banyaknya | 64 | data _numerik_.\r\n6. __MTs_SWASTA GURU_Lk__ : Menunjukkan banyaknya | ||
| 65 | pendidik/guru berjenis kelamin *laki-laki* pada Satuan Pendidikan | 65 | pendidik/guru berjenis kelamin *laki-laki* pada Satuan Pendidikan | ||
| 66 | Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang berstatus SWASTA di suatu | 66 | Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang berstatus SWASTA di suatu | ||
| 67 | wilayah tertentu, dengan type data _numerik_.\r\n7. __MTs_SWASTA | 67 | wilayah tertentu, dengan type data _numerik_.\r\n7. __MTs_SWASTA | ||
| 68 | GURU_Pr__ : Menunjukkan banyaknya pendidik/guru berjenis kelamin | 68 | GURU_Pr__ : Menunjukkan banyaknya pendidik/guru berjenis kelamin | ||
| 69 | *perempuan* pada Satuan Pendidikan Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah | 69 | *perempuan* pada Satuan Pendidikan Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah | ||
| 70 | (MTs) yang berstatus SWASTA di suatu wilayah tertentu, dengan type | 70 | (MTs) yang berstatus SWASTA di suatu wilayah tertentu, dengan type | ||
| 71 | data _numerik_.\r\n8. __JMLH GURU MTs_SWASTA__ : Menunjukkan banyaknya | 71 | data _numerik_.\r\n8. __JMLH GURU MTs_SWASTA__ : Menunjukkan banyaknya | ||
| 72 | pendidik/guru pada Satuan Pendidikan Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah | 72 | pendidik/guru pada Satuan Pendidikan Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah | ||
| 73 | (MTs) yang berstatus SWASTA di suatu wilayah tertentu, dengan type | 73 | (MTs) yang berstatus SWASTA di suatu wilayah tertentu, dengan type | ||
| 74 | data _numerik_.\r\n9. __JMLH GURU_MTs LAKI-LAKI__ : Menunjukkan | 74 | data _numerik_.\r\n9. __JMLH GURU_MTs LAKI-LAKI__ : Menunjukkan | ||
| 75 | banyaknya pendidik/guru berjenis kelamin *laki-laki* pada Satuan | 75 | banyaknya pendidik/guru berjenis kelamin *laki-laki* pada Satuan | ||
| 76 | Pendidikan Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) di suatu wilayah | 76 | Pendidikan Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) di suatu wilayah | ||
| 77 | tertentu, dengan type data _numerik_.\r\n10. __JMLH GURU_MTs | 77 | tertentu, dengan type data _numerik_.\r\n10. __JMLH GURU_MTs | ||
| 78 | PEREMPUAN__ : Menunjukkan banyaknya pendidik/guru berjenis kelamin | 78 | PEREMPUAN__ : Menunjukkan banyaknya pendidik/guru berjenis kelamin | ||
| 79 | *perempuan* pada Satuan Pendidikan Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah | 79 | *perempuan* pada Satuan Pendidikan Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah | ||
| 80 | (MTs) di suatu wilayah tertentu, dengan type data _numerik_.\r\n11. | 80 | (MTs) di suatu wilayah tertentu, dengan type data _numerik_.\r\n11. | ||
| 81 | __TOTAL JMLH GURU_MTs__ : Menunjukkan banyaknya pendidik/guru pada | 81 | __TOTAL JMLH GURU_MTs__ : Menunjukkan banyaknya pendidik/guru pada | ||
| 82 | Satuan Pendidikan Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) di suatu | 82 | Satuan Pendidikan Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) di suatu | ||
| 83 | wilayah tertentu, dengan type data _numerik_.\r\n12. __SATUAN__ : | 83 | wilayah tertentu, dengan type data _numerik_.\r\n12. __SATUAN__ : | ||
| 84 | Merupakan satuan ukur yang digunakan dalam datasheet ini, dinyatakan | 84 | Merupakan satuan ukur yang digunakan dalam datasheet ini, dinyatakan | ||
| 85 | dalam satuan *Orang*, dengan type data _teks_,", | 85 | dalam satuan *Orang*, dengan type data _teks_,", | ||
| n | 86 | "num_resources": 1, | n | 86 | "num_resources": 0, |
| 87 | "num_tags": 6, | 87 | "num_tags": 6, | ||
| 88 | "organization": { | 88 | "organization": { | ||
| 89 | "approval_status": "approved", | 89 | "approval_status": "approved", | ||
| 90 | "created": "2024-09-04T19:34:51.161479", | 90 | "created": "2024-09-04T19:34:51.161479", | ||
| 91 | "description": "", | 91 | "description": "", | ||
| 92 | "id": "5753ac15-e291-4cc6-bc49-5d2effc77bca", | 92 | "id": "5753ac15-e291-4cc6-bc49-5d2effc77bca", | ||
| 93 | "image_url": "2025-02-11-021849.819672LogoKemenag.png", | 93 | "image_url": "2025-02-11-021849.819672LogoKemenag.png", | ||
| 94 | "is_organization": true, | 94 | "is_organization": true, | ||
| 95 | "name": "kementerian-agama-kota-bima", | 95 | "name": "kementerian-agama-kota-bima", | ||
| 96 | "state": "active", | 96 | "state": "active", | ||
| 97 | "title": "Kementerian Agama Kota Bima", | 97 | "title": "Kementerian Agama Kota Bima", | ||
| 98 | "type": "organization" | 98 | "type": "organization" | ||
| 99 | }, | 99 | }, | ||
| 100 | "owner_org": "5753ac15-e291-4cc6-bc49-5d2effc77bca", | 100 | "owner_org": "5753ac15-e291-4cc6-bc49-5d2effc77bca", | ||
| 101 | "private": false, | 101 | "private": false, | ||
| 102 | "relationships_as_object": [], | 102 | "relationships_as_object": [], | ||
| 103 | "relationships_as_subject": [], | 103 | "relationships_as_subject": [], | ||
| t | 104 | "resources": [ | t | 104 | "resources": [], |
| 105 | { | ||||
| 106 | "cache_last_updated": null, | ||||
| 107 | "cache_url": null, | ||||
| 108 | "created": "2024-10-04T03:01:02.060451", | ||||
| 109 | "datastore_active": false, | ||||
| 110 | "description": "", | ||||
| 111 | "format": "XLS", | ||||
| 112 | "hash": "", | ||||
| 113 | "id": "0f9dbe42-d795-40bc-945d-10d2a6b5760b", | ||||
| 114 | "last_modified": "2024-10-04T03:01:01.989242", | ||||
| 115 | "metadata_modified": "2024-10-07T03:13:04.373798", | ||||
| 116 | "mimetype": | ||||
| 117 | "application/vnd.openxmlformats-officedocument.spreadsheetml.sheet", | ||||
| 118 | "mimetype_inner": null, | ||||
| 119 | "name": "Jumlah Guru Jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kota | ||||
| 120 | Bima Tahun Ajaran 2022/2023-Genap dirinci menurut Jenis Kelamin, | ||||
| 121 | Kualifikasi Ijazah dan Kecamatan ", | ||||
| 122 | "package_id": "10091ed4-60fe-4b49-861b-17a2b0e09c74", | ||||
| 123 | "position": 0, | ||||
| 124 | "resource_type": null, | ||||
| 125 | "size": 13463, | ||||
| 126 | "state": "active", | ||||
| 127 | "url": | ||||
| 128 | -40bc-945d-10d2a6b5760b/download/24tabel-mts-05-jumlah-guru-mts.xlsx", | ||||
| 129 | "url_type": "upload" | ||||
| 130 | } | ||||
| 131 | ], | ||||
| 132 | "state": "active", | 105 | "state": "active", | ||
| 133 | "tags": [ | 106 | "tags": [ | ||
| 134 | { | 107 | { | ||
| 135 | "display_name": "education", | 108 | "display_name": "education", | ||
| 136 | "id": "db28d7d1-907e-4510-adf9-a522ed15f2e1", | 109 | "id": "db28d7d1-907e-4510-adf9-a522ed15f2e1", | ||
| 137 | "name": "education", | 110 | "name": "education", | ||
| 138 | "state": "active", | 111 | "state": "active", | ||
| 139 | "vocabulary_id": null | 112 | "vocabulary_id": null | ||
| 140 | }, | 113 | }, | ||
| 141 | { | 114 | { | ||
| 142 | "display_name": "guru mts", | 115 | "display_name": "guru mts", | ||
| 143 | "id": "02c45d73-f98d-476d-9990-43f3d0615957", | 116 | "id": "02c45d73-f98d-476d-9990-43f3d0615957", | ||
| 144 | "name": "guru mts", | 117 | "name": "guru mts", | ||
| 145 | "state": "active", | 118 | "state": "active", | ||
| 146 | "vocabulary_id": null | 119 | "vocabulary_id": null | ||
| 147 | }, | 120 | }, | ||
| 148 | { | 121 | { | ||
| 149 | "display_name": "jumlah guru", | 122 | "display_name": "jumlah guru", | ||
| 150 | "id": "eaed17d2-e646-4189-a15d-4cd18d87dbb2", | 123 | "id": "eaed17d2-e646-4189-a15d-4cd18d87dbb2", | ||
| 151 | "name": "jumlah guru", | 124 | "name": "jumlah guru", | ||
| 152 | "state": "active", | 125 | "state": "active", | ||
| 153 | "vocabulary_id": null | 126 | "vocabulary_id": null | ||
| 154 | }, | 127 | }, | ||
| 155 | { | 128 | { | ||
| 156 | "display_name": "mts", | 129 | "display_name": "mts", | ||
| 157 | "id": "1c093f75-3bbe-45d2-8992-bd4a3f5c7d62", | 130 | "id": "1c093f75-3bbe-45d2-8992-bd4a3f5c7d62", | ||
| 158 | "name": "mts", | 131 | "name": "mts", | ||
| 159 | "state": "active", | 132 | "state": "active", | ||
| 160 | "vocabulary_id": null | 133 | "vocabulary_id": null | ||
| 161 | }, | 134 | }, | ||
| 162 | { | 135 | { | ||
| 163 | "display_name": "pendidikan", | 136 | "display_name": "pendidikan", | ||
| 164 | "id": "1f38a79c-b0d5-4c8b-860e-ffdafbef8c78", | 137 | "id": "1f38a79c-b0d5-4c8b-860e-ffdafbef8c78", | ||
| 165 | "name": "pendidikan", | 138 | "name": "pendidikan", | ||
| 166 | "state": "active", | 139 | "state": "active", | ||
| 167 | "vocabulary_id": null | 140 | "vocabulary_id": null | ||
| 168 | }, | 141 | }, | ||
| 169 | { | 142 | { | ||
| 170 | "display_name": "pendidikan islam", | 143 | "display_name": "pendidikan islam", | ||
| 171 | "id": "960a9814-5800-44de-8ae9-109a33b32eed", | 144 | "id": "960a9814-5800-44de-8ae9-109a33b32eed", | ||
| 172 | "name": "pendidikan islam", | 145 | "name": "pendidikan islam", | ||
| 173 | "state": "active", | 146 | "state": "active", | ||
| 174 | "vocabulary_id": null | 147 | "vocabulary_id": null | ||
| 175 | } | 148 | } | ||
| 176 | ], | 149 | ], | ||
| 177 | "title": "Jumlah Guru Jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kota | 150 | "title": "Jumlah Guru Jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kota | ||
| 178 | Bima", | 151 | Bima", | ||
| 179 | "type": "dataset", | 152 | "type": "dataset", | ||
| 180 | "url": "", | 153 | "url": "", | ||
| 181 | "version": "" | 154 | "version": "" | ||
| 182 | } | 155 | } |
