Skip to content

Changes

View changes from to


On May 25, 2025 at 10:22:45 PM +0800, underroot Statistik Sektoral:
  • Updated description of Jumlah Rombel (Kelas) Jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kota Bima from

    Datasheet ini berisi informasi tentang jumlah rombongan belajar (__Rombel__) atau kelas dari satuan pendidikan formal yang berbentuk __Madrasah Ibtidaiyah (MI)__ yang dikelola dan diselenggarakan oleh Kementerian Agama di Kota Bima. Dirinci berdasarkan status madrasah yang ada disetiap kecamatan. >__Rombongan belajar (rombel)__ merujuk pada sekelompok siswa yang belajar bersama dan terdaftar dalam satu kelas di sekolah (Satuan Pendidikan). Setiap rombel biasanya berkisar antara 20 siswa hingga 32 siswa, dan berfungsi sebagai tempat untuk menampung dan mengelompokkan semua peserta didik dalam satu kelas dan merupakan tempat pertemuan antara siswa dan guru. * Jumlah rombel di Madrasah Tsanawiyah (MTs) bisa bervariasi tergantung pada jumlah siswa dan kebijakan masing-masing sekolah, tetapi pada umumnya, jumlah rombel per kelas di MTs tidak boleh melebihi batas tertentu yang ditetapkan oleh Kementerian Agama atau Dinas Pendidikan setempat. Secara umum, setiap MTS dapat memiliki beberapa rombel untuk setiap tingkat kelas, tetapi biasanya tidak kurang dari 3 rombel dan tidak lebih dari 33 rombel untuk seluruh madrasah. Dalam satu tingkat (misalnya kelas 7, 8, atau 9), biasanya ada 11 rombel. * Sebuah rombel dianggap sah jika memiliki siswa minimum 20 orang dan maksimum 32 orang serta adanya guru yang mengajar. * Batasan jumlah rombel membantu menjaga kualitas pendidikan, memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan perhatian yang cukup dari guru, dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. >__Variabel-variabel dalam datasheet ini meliputi__ : 1. __KODE WILAYAH__ : Variabel dengan type data _numerik_, merupakan kode numerik untuk wilayah Kota Bima dan lingkup wilayah dibawahnya, sesuai dengan ketentuan BPS yang merujuk pada Peraturan Badan Pusat Statistik Nomor 3 Tahun 2019. 2. __NAMA WILAYAH__ : Variabel dengan type data _teks_, merupakan nama wilayah tempat populasi atau data berasal. 3. __ROMBEL MTs_NEGERI__ : variabel dengan type data *numerik* yang menyatakan banyaknya __kelas__ atau __rombongan belajar (*rombel*)__ dari satuan pendidikan yang berbentuk __Madrasah Tsanawiyah (MTs)__ berstatus __NEGERI__ di suatu wilayah tertentu. 4. __ROMBEL MTs_SWASTA__ : variabel dengan type data *numerik* yang menyatakan banyaknya __kelas__ atau __rombongan belajar (*rombel*)__ dari satuan pendidikan yang berbentuk __Madrasah Tsanawiyah (MTs)__ berstatus __SWASTA__ di suatu wilayah tertentu. 5. __JUMLAH ROMBEL MTs__ : variabel dengan type data *numerik* yang menyatakan banyaknya __kelas__ atau __rombongan belajar (*rombel*)__ dari satuan pendidikan yang berbentuk __Madrasah Tsanawiyah (MTs)__ di suatu wilayah tertentu. 6. __SATUAN__ : Variabel dengan type data _teks_, merupakan satuan ukur yang digunakan dalam datasheet ini, dinyatakan dalam satuan : *rombel*.
    to
    Datasheet ini berisi informasi tentang jumlah rombongan belajar (__Rombel__) atau kelas dari satuan pendidikan formal yang berbentuk __Madrasah Tsanawiyah (MTs)__ yang dikelola dan diselenggarakan oleh Kementerian Agama di Kota Bima. Dirinci berdasarkan status madrasah yang ada disetiap kecamatan. >__Rombongan belajar (rombel)__ merujuk pada sekelompok siswa yang belajar bersama dan terdaftar dalam satu kelas di sekolah (Satuan Pendidikan). Setiap rombel biasanya berkisar antara 20 siswa hingga 32 siswa, dan berfungsi sebagai tempat untuk menampung dan mengelompokkan semua peserta didik dalam satu kelas dan merupakan tempat pertemuan antara siswa dan guru. * Jumlah rombel di Madrasah Tsanawiyah (MTs) bisa bervariasi tergantung pada jumlah siswa dan kebijakan masing-masing sekolah, tetapi pada umumnya, jumlah rombel per kelas di MTs tidak boleh melebihi batas tertentu yang ditetapkan oleh Kementerian Agama atau Dinas Pendidikan setempat. Secara umum, setiap MTS dapat memiliki beberapa rombel untuk setiap tingkat kelas, tetapi biasanya tidak kurang dari 3 rombel dan tidak lebih dari 33 rombel untuk seluruh madrasah. Dalam satu tingkat (misalnya kelas 7, 8, atau 9), biasanya ada 11 rombel. * Sebuah rombel dianggap sah jika memiliki siswa minimum 20 orang dan maksimum 32 orang serta adanya guru yang mengajar. * Batasan jumlah rombel membantu menjaga kualitas pendidikan, memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan perhatian yang cukup dari guru, dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. >__Variabel-variabel dalam datasheet ini meliputi__ : 1. __KODE WILAYAH__ : Variabel dengan type data _numerik_, merupakan kode numerik untuk wilayah Kota Bima dan lingkup wilayah dibawahnya, sesuai dengan ketentuan BPS yang merujuk pada Peraturan Badan Pusat Statistik Nomor 3 Tahun 2019. 2. __NAMA WILAYAH__ : Variabel dengan type data _teks_, merupakan nama wilayah tempat populasi atau data berasal. 3. __ROMBEL MTs_NEGERI__ : variabel dengan type data *numerik* yang menyatakan banyaknya __kelas__ atau __rombongan belajar (*rombel*)__ dari satuan pendidikan yang berbentuk __Madrasah Tsanawiyah (MTs)__ berstatus __NEGERI__ di suatu wilayah tertentu. 4. __ROMBEL MTs_SWASTA__ : variabel dengan type data *numerik* yang menyatakan banyaknya __kelas__ atau __rombongan belajar (*rombel*)__ dari satuan pendidikan yang berbentuk __Madrasah Tsanawiyah (MTs)__ berstatus __SWASTA__ di suatu wilayah tertentu. 5. __JUMLAH ROMBEL MTs__ : variabel dengan type data *numerik* yang menyatakan banyaknya __kelas__ atau __rombongan belajar (*rombel*)__ dari satuan pendidikan yang berbentuk __Madrasah Tsanawiyah (MTs)__ di suatu wilayah tertentu. 6. __SATUAN__ : Variabel dengan type data _teks_, merupakan satuan ukur yang digunakan dalam datasheet ini, dinyatakan dalam satuan : *rombel*.