Changes
On June 5, 2025 at 10:00:31 AM +0800,

-
Added resource Jmlh guru jenjang Madrasah Tsanawiyah di Kota Bima Thn Ajar 2020/2021 semester GENAP to Jumlah Guru Jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kota Bima
f | 1 | { | f | 1 | { |
2 | "author": "Kemenag Kota Bima", | 2 | "author": "Kemenag Kota Bima", | ||
3 | "author_email": "", | 3 | "author_email": "", | ||
4 | "creator_user_id": "6373bc5e-1cd0-425a-ad09-645899e9ac4e", | 4 | "creator_user_id": "6373bc5e-1cd0-425a-ad09-645899e9ac4e", | ||
5 | "extras": [ | 5 | "extras": [ | ||
6 | { | 6 | { | ||
7 | "key": "Sumber Data", | 7 | "key": "Sumber Data", | ||
8 | "value": "Kantor Kementerian Agama Kota Bima" | 8 | "value": "Kantor Kementerian Agama Kota Bima" | ||
9 | } | 9 | } | ||
10 | ], | 10 | ], | ||
n | 11 | "groups": [], | n | 11 | "groups": [ |
12 | { | ||||
13 | "description": "Merupakan salah satu urusan wajib yang berkaitan | ||||
14 | dengan pelayanan dasar dan harus diselenggarakan oleh Pemerintah dan | ||||
15 | Pemerintah Daerah, meliputi : Manajemen Pendidikan; Kurikulum; | ||||
16 | Pendidik dan Tenaga Kependidikan; Perizinan Pendidikan; dan Bahasa | ||||
17 | dan Sastra. ", | ||||
18 | "display_name": "1.01 PENDIDIKAN", | ||||
19 | "id": "4e10f50b-956b-40ad-acbc-567a10b8c576", | ||||
20 | "image_display_url": | ||||
21 | ota.go.id/uploads/group/2025-02-12-011420.806773Logo-Pendidikan.jfif", | ||||
22 | "name": "pendidikan", | ||||
23 | "title": "1.01 PENDIDIKAN" | ||||
24 | } | ||||
25 | ], | ||||
12 | "id": "10091ed4-60fe-4b49-861b-17a2b0e09c74", | 26 | "id": "10091ed4-60fe-4b49-861b-17a2b0e09c74", | ||
13 | "isopen": false, | 27 | "isopen": false, | ||
14 | "license_id": "", | 28 | "license_id": "", | ||
15 | "license_title": "", | 29 | "license_title": "", | ||
16 | "maintainer": "sektoral3", | 30 | "maintainer": "sektoral3", | ||
17 | "maintainer_email": "", | 31 | "maintainer_email": "", | ||
18 | "metadata_created": "2024-10-04T02:57:44.984224", | 32 | "metadata_created": "2024-10-04T02:57:44.984224", | ||
n | 19 | "metadata_modified": "2025-06-05T01:56:16.594746", | n | 33 | "metadata_modified": "2025-06-05T02:00:30.944155", |
20 | "name": "jumlah-guru-jenjang-madrasah-tsanawiyah-mts-di-kota-bima", | 34 | "name": "jumlah-guru-jenjang-madrasah-tsanawiyah-mts-di-kota-bima", | ||
21 | "notes": "Datasheet ini berisi informasi tentang jumlah | 35 | "notes": "Datasheet ini berisi informasi tentang jumlah | ||
22 | pendidik/guru yang ada di masing-masing Satuan Pendidikan Islam | 36 | pendidik/guru yang ada di masing-masing Satuan Pendidikan Islam | ||
23 | jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) di seluruh wilayah kecamatan se- | 37 | jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) di seluruh wilayah kecamatan se- | ||
24 | Kota Bima.\r\n>*__Guru Madrasah Tsanawiyah (MTs)__* merujuk pada | 38 | Kota Bima.\r\n>*__Guru Madrasah Tsanawiyah (MTs)__* merujuk pada | ||
25 | seorang tenaga pendidik yang bertugas mengajar dan membina siswa di | 39 | seorang tenaga pendidik yang bertugas mengajar dan membina siswa di | ||
26 | jenjang pendidikan Madrasah Tsanawiyah, yaitu jenjang pendidikan | 40 | jenjang pendidikan Madrasah Tsanawiyah, yaitu jenjang pendidikan | ||
27 | menengah pertama berbasis agama Islam di Indonesia yang berada di | 41 | menengah pertama berbasis agama Islam di Indonesia yang berada di | ||
28 | bawah naungan Kementerian Agama, yaitu dari kelas 7 hingga kelas 9 | 42 | bawah naungan Kementerian Agama, yaitu dari kelas 7 hingga kelas 9 | ||
29 | (setara dengan SMP). Mereka memiliki kompetensi dalam bidang keilmuan | 43 | (setara dengan SMP). Mereka memiliki kompetensi dalam bidang keilmuan | ||
30 | umum dan agama Islam serta bertanggung jawab dalam membentuk karakter, | 44 | umum dan agama Islam serta bertanggung jawab dalam membentuk karakter, | ||
31 | pengetahuan, dan keterampilan siswa sesuai dengan kurikulum yang | 45 | pengetahuan, dan keterampilan siswa sesuai dengan kurikulum yang | ||
32 | berlaku di MTs. Selain mengajar, guru MTs juga berperan dalam | 46 | berlaku di MTs. Selain mengajar, guru MTs juga berperan dalam | ||
33 | pembinaan keagamaan, pengembangan karakter siswa, dan mendukung | 47 | pembinaan keagamaan, pengembangan karakter siswa, dan mendukung | ||
34 | pencapaian tujuan pendidikan nasional yang berlandaskan nilai-nilai | 48 | pencapaian tujuan pendidikan nasional yang berlandaskan nilai-nilai | ||
35 | keislaman.\r\n\r\nKualifikasi pendidikan yang dibutuhkan secara umum | 49 | keislaman.\r\n\r\nKualifikasi pendidikan yang dibutuhkan secara umum | ||
36 | adalah : \r\n\r\n* Lulusan Pendidikan Formal yang Relevan : Minimal | 50 | adalah : \r\n\r\n* Lulusan Pendidikan Formal yang Relevan : Minimal | ||
37 | memiliki gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.) atau setara dari lembaga | 51 | memiliki gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.) atau setara dari lembaga | ||
38 | pendidikan tinggi yang terakreditasi, dengan program studi yang sesuai | 52 | pendidikan tinggi yang terakreditasi, dengan program studi yang sesuai | ||
39 | seperti Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, atau bidang | 53 | seperti Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, atau bidang | ||
40 | studi lain yang relevan dengan mata pelajaran yang akan diajarkan di | 54 | studi lain yang relevan dengan mata pelajaran yang akan diajarkan di | ||
41 | MTs.\r\n* Memiliki Kompetensi Profesional : Mampu mengajar dan | 55 | MTs.\r\n* Memiliki Kompetensi Profesional : Mampu mengajar dan | ||
42 | mengelola pembelajaran di tingkat Madrasah Tsanawiyah, serta memahami | 56 | mengelola pembelajaran di tingkat Madrasah Tsanawiyah, serta memahami | ||
43 | kurikulum pendidikan agama dan umum yang berlaku.\r\n* Sertifikasi dan | 57 | kurikulum pendidikan agama dan umum yang berlaku.\r\n* Sertifikasi dan | ||
44 | Pelatihan Pendukung : Biasanya diperlukan sertifikasi pendidik, | 58 | Pelatihan Pendukung : Biasanya diperlukan sertifikasi pendidik, | ||
45 | seperti Sertifikat Pendidik (Pendidik Profesional) yang diperoleh | 59 | seperti Sertifikat Pendidik (Pendidik Profesional) yang diperoleh | ||
46 | melalui pelatihan dan pendidikan profesi guru (PPG), sesuai ketentuan | 60 | melalui pelatihan dan pendidikan profesi guru (PPG), sesuai ketentuan | ||
47 | dari Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan dan | 61 | dari Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan dan | ||
48 | Kebudayaan.\r\n\r\n>__Variabel-variabel dalam datasheet ini meliputi__ | 62 | Kebudayaan.\r\n\r\n>__Variabel-variabel dalam datasheet ini meliputi__ | ||
49 | :\r\n\r\n1. __KODE WILAYAH__ : Merupakan kode numerik untuk wilayah | 63 | :\r\n\r\n1. __KODE WILAYAH__ : Merupakan kode numerik untuk wilayah | ||
50 | Kota Bima dan lingkup wilayah dibawahnya, sesuai dengan ketentuan BPS | 64 | Kota Bima dan lingkup wilayah dibawahnya, sesuai dengan ketentuan BPS | ||
51 | yang merujuk pada Peraturan Badan Pusat Statistik Nomor 3 Tahun 2019. | 65 | yang merujuk pada Peraturan Badan Pusat Statistik Nomor 3 Tahun 2019. | ||
52 | Variabel dengan type data _numerik_, \r\n2. __NAMA WILAYAH__ : | 66 | Variabel dengan type data _numerik_, \r\n2. __NAMA WILAYAH__ : | ||
53 | Merupakan nama wilayah tempat populasi atau data berasal, dengan type | 67 | Merupakan nama wilayah tempat populasi atau data berasal, dengan type | ||
54 | data _teks_, \r\n3. __MTs_NEGERI GURU_Lk__ : Menunjukkan banyaknya | 68 | data _teks_, \r\n3. __MTs_NEGERI GURU_Lk__ : Menunjukkan banyaknya | ||
55 | pendidik/guru berjenis kelamin *laki-laki* pada Satuan Pendidikan | 69 | pendidik/guru berjenis kelamin *laki-laki* pada Satuan Pendidikan | ||
56 | Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang berstatus NEGERI di suatu | 70 | Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang berstatus NEGERI di suatu | ||
57 | wilayah tertentu, dengan type data _numerik_.\r\n4. __MTs_NEGERI | 71 | wilayah tertentu, dengan type data _numerik_.\r\n4. __MTs_NEGERI | ||
58 | GURU_Pr__ : Menunjukkan banyaknya pendidik/guru berjenis kelamin | 72 | GURU_Pr__ : Menunjukkan banyaknya pendidik/guru berjenis kelamin | ||
59 | *perempuan* pada Satuan Pendidikan Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah | 73 | *perempuan* pada Satuan Pendidikan Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah | ||
60 | (MTs) yang berstatus NEGERI di suatu wilayah tertentu, dengan type | 74 | (MTs) yang berstatus NEGERI di suatu wilayah tertentu, dengan type | ||
61 | data _numerik_.\r\n5. __JMLH GURU MTs_NEGERI__ : Menunjukkan banyaknya | 75 | data _numerik_.\r\n5. __JMLH GURU MTs_NEGERI__ : Menunjukkan banyaknya | ||
62 | pendidik/guru pada Satuan Pendidikan Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah | 76 | pendidik/guru pada Satuan Pendidikan Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah | ||
63 | (MTs) yang berstatus NEGERI di suatu wilayah tertentu, dengan type | 77 | (MTs) yang berstatus NEGERI di suatu wilayah tertentu, dengan type | ||
64 | data _numerik_.\r\n6. __MTs_SWASTA GURU_Lk__ : Menunjukkan banyaknya | 78 | data _numerik_.\r\n6. __MTs_SWASTA GURU_Lk__ : Menunjukkan banyaknya | ||
65 | pendidik/guru berjenis kelamin *laki-laki* pada Satuan Pendidikan | 79 | pendidik/guru berjenis kelamin *laki-laki* pada Satuan Pendidikan | ||
66 | Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang berstatus SWASTA di suatu | 80 | Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang berstatus SWASTA di suatu | ||
67 | wilayah tertentu, dengan type data _numerik_.\r\n7. __MTs_SWASTA | 81 | wilayah tertentu, dengan type data _numerik_.\r\n7. __MTs_SWASTA | ||
68 | GURU_Pr__ : Menunjukkan banyaknya pendidik/guru berjenis kelamin | 82 | GURU_Pr__ : Menunjukkan banyaknya pendidik/guru berjenis kelamin | ||
69 | *perempuan* pada Satuan Pendidikan Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah | 83 | *perempuan* pada Satuan Pendidikan Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah | ||
70 | (MTs) yang berstatus SWASTA di suatu wilayah tertentu, dengan type | 84 | (MTs) yang berstatus SWASTA di suatu wilayah tertentu, dengan type | ||
71 | data _numerik_.\r\n8. __JMLH GURU MTs_SWASTA__ : Menunjukkan banyaknya | 85 | data _numerik_.\r\n8. __JMLH GURU MTs_SWASTA__ : Menunjukkan banyaknya | ||
72 | pendidik/guru pada Satuan Pendidikan Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah | 86 | pendidik/guru pada Satuan Pendidikan Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah | ||
73 | (MTs) yang berstatus SWASTA di suatu wilayah tertentu, dengan type | 87 | (MTs) yang berstatus SWASTA di suatu wilayah tertentu, dengan type | ||
74 | data _numerik_.\r\n9. __JMLH GURU_MTs LAKI-LAKI__ : Menunjukkan | 88 | data _numerik_.\r\n9. __JMLH GURU_MTs LAKI-LAKI__ : Menunjukkan | ||
75 | banyaknya pendidik/guru berjenis kelamin *laki-laki* pada Satuan | 89 | banyaknya pendidik/guru berjenis kelamin *laki-laki* pada Satuan | ||
76 | Pendidikan Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) di suatu wilayah | 90 | Pendidikan Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) di suatu wilayah | ||
77 | tertentu, dengan type data _numerik_.\r\n10. __JMLH GURU_MTs | 91 | tertentu, dengan type data _numerik_.\r\n10. __JMLH GURU_MTs | ||
78 | PEREMPUAN__ : Menunjukkan banyaknya pendidik/guru berjenis kelamin | 92 | PEREMPUAN__ : Menunjukkan banyaknya pendidik/guru berjenis kelamin | ||
79 | *perempuan* pada Satuan Pendidikan Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah | 93 | *perempuan* pada Satuan Pendidikan Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah | ||
80 | (MTs) di suatu wilayah tertentu, dengan type data _numerik_.\r\n11. | 94 | (MTs) di suatu wilayah tertentu, dengan type data _numerik_.\r\n11. | ||
81 | __TOTAL JMLH GURU_MTs__ : Menunjukkan banyaknya pendidik/guru pada | 95 | __TOTAL JMLH GURU_MTs__ : Menunjukkan banyaknya pendidik/guru pada | ||
82 | Satuan Pendidikan Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) di suatu | 96 | Satuan Pendidikan Islam jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) di suatu | ||
83 | wilayah tertentu, dengan type data _numerik_.\r\n12. __SATUAN__ : | 97 | wilayah tertentu, dengan type data _numerik_.\r\n12. __SATUAN__ : | ||
84 | Merupakan satuan ukur yang digunakan dalam datasheet ini, dinyatakan | 98 | Merupakan satuan ukur yang digunakan dalam datasheet ini, dinyatakan | ||
85 | dalam satuan *Orang*, dengan type data _teks_,", | 99 | dalam satuan *Orang*, dengan type data _teks_,", | ||
n | 86 | "num_resources": 0, | n | 100 | "num_resources": 1, |
87 | "num_tags": 6, | 101 | "num_tags": 6, | ||
88 | "organization": { | 102 | "organization": { | ||
89 | "approval_status": "approved", | 103 | "approval_status": "approved", | ||
90 | "created": "2024-09-04T19:34:51.161479", | 104 | "created": "2024-09-04T19:34:51.161479", | ||
91 | "description": "", | 105 | "description": "", | ||
92 | "id": "5753ac15-e291-4cc6-bc49-5d2effc77bca", | 106 | "id": "5753ac15-e291-4cc6-bc49-5d2effc77bca", | ||
93 | "image_url": "2025-02-11-021849.819672LogoKemenag.png", | 107 | "image_url": "2025-02-11-021849.819672LogoKemenag.png", | ||
94 | "is_organization": true, | 108 | "is_organization": true, | ||
95 | "name": "kementerian-agama-kota-bima", | 109 | "name": "kementerian-agama-kota-bima", | ||
96 | "state": "active", | 110 | "state": "active", | ||
97 | "title": "Kementerian Agama Kota Bima", | 111 | "title": "Kementerian Agama Kota Bima", | ||
98 | "type": "organization" | 112 | "type": "organization" | ||
99 | }, | 113 | }, | ||
100 | "owner_org": "5753ac15-e291-4cc6-bc49-5d2effc77bca", | 114 | "owner_org": "5753ac15-e291-4cc6-bc49-5d2effc77bca", | ||
101 | "private": false, | 115 | "private": false, | ||
102 | "relationships_as_object": [], | 116 | "relationships_as_object": [], | ||
103 | "relationships_as_subject": [], | 117 | "relationships_as_subject": [], | ||
t | 104 | "resources": [], | t | 118 | "resources": [ |
119 | { | ||||
120 | "cache_last_updated": null, | ||||
121 | "cache_url": null, | ||||
122 | "created": "2025-06-05T02:00:31.007926", | ||||
123 | "description": "Data Tahun 2021", | ||||
124 | "format": "XLSX", | ||||
125 | "hash": "", | ||||
126 | "id": "07aff3d1-30a2-439a-9415-f826c9ac68a7", | ||||
127 | "last_modified": "2025-06-05T02:00:30.925973", | ||||
128 | "metadata_modified": "2025-06-05T02:00:30.961856", | ||||
129 | "mimetype": | ||||
130 | "application/vnd.openxmlformats-officedocument.spreadsheetml.sheet", | ||||
131 | "mimetype_inner": null, | ||||
132 | "name": "Jmlh guru jenjang Madrasah Tsanawiyah di Kota Bima Thn | ||||
133 | Ajar 2020/2021 semester GENAP", | ||||
134 | "package_id": "10091ed4-60fe-4b49-861b-17a2b0e09c74", | ||||
135 | "position": 0, | ||||
136 | "resource_type": null, | ||||
137 | "size": 11663, | ||||
138 | "state": "active", | ||||
139 | "url": | ||||
140 | -tabel-05-jmlh-guru-jenjang-mts-di-kota-bima-ta-2020-2021-genap.xlsx", | ||||
141 | "url_type": "upload" | ||||
142 | } | ||||
143 | ], | ||||
105 | "state": "active", | 144 | "state": "active", | ||
106 | "tags": [ | 145 | "tags": [ | ||
107 | { | 146 | { | ||
108 | "display_name": "education", | 147 | "display_name": "education", | ||
109 | "id": "db28d7d1-907e-4510-adf9-a522ed15f2e1", | 148 | "id": "db28d7d1-907e-4510-adf9-a522ed15f2e1", | ||
110 | "name": "education", | 149 | "name": "education", | ||
111 | "state": "active", | 150 | "state": "active", | ||
112 | "vocabulary_id": null | 151 | "vocabulary_id": null | ||
113 | }, | 152 | }, | ||
114 | { | 153 | { | ||
115 | "display_name": "guru mts", | 154 | "display_name": "guru mts", | ||
116 | "id": "02c45d73-f98d-476d-9990-43f3d0615957", | 155 | "id": "02c45d73-f98d-476d-9990-43f3d0615957", | ||
117 | "name": "guru mts", | 156 | "name": "guru mts", | ||
118 | "state": "active", | 157 | "state": "active", | ||
119 | "vocabulary_id": null | 158 | "vocabulary_id": null | ||
120 | }, | 159 | }, | ||
121 | { | 160 | { | ||
122 | "display_name": "jumlah guru", | 161 | "display_name": "jumlah guru", | ||
123 | "id": "eaed17d2-e646-4189-a15d-4cd18d87dbb2", | 162 | "id": "eaed17d2-e646-4189-a15d-4cd18d87dbb2", | ||
124 | "name": "jumlah guru", | 163 | "name": "jumlah guru", | ||
125 | "state": "active", | 164 | "state": "active", | ||
126 | "vocabulary_id": null | 165 | "vocabulary_id": null | ||
127 | }, | 166 | }, | ||
128 | { | 167 | { | ||
129 | "display_name": "mts", | 168 | "display_name": "mts", | ||
130 | "id": "1c093f75-3bbe-45d2-8992-bd4a3f5c7d62", | 169 | "id": "1c093f75-3bbe-45d2-8992-bd4a3f5c7d62", | ||
131 | "name": "mts", | 170 | "name": "mts", | ||
132 | "state": "active", | 171 | "state": "active", | ||
133 | "vocabulary_id": null | 172 | "vocabulary_id": null | ||
134 | }, | 173 | }, | ||
135 | { | 174 | { | ||
136 | "display_name": "pendidikan", | 175 | "display_name": "pendidikan", | ||
137 | "id": "1f38a79c-b0d5-4c8b-860e-ffdafbef8c78", | 176 | "id": "1f38a79c-b0d5-4c8b-860e-ffdafbef8c78", | ||
138 | "name": "pendidikan", | 177 | "name": "pendidikan", | ||
139 | "state": "active", | 178 | "state": "active", | ||
140 | "vocabulary_id": null | 179 | "vocabulary_id": null | ||
141 | }, | 180 | }, | ||
142 | { | 181 | { | ||
143 | "display_name": "pendidikan islam", | 182 | "display_name": "pendidikan islam", | ||
144 | "id": "960a9814-5800-44de-8ae9-109a33b32eed", | 183 | "id": "960a9814-5800-44de-8ae9-109a33b32eed", | ||
145 | "name": "pendidikan islam", | 184 | "name": "pendidikan islam", | ||
146 | "state": "active", | 185 | "state": "active", | ||
147 | "vocabulary_id": null | 186 | "vocabulary_id": null | ||
148 | } | 187 | } | ||
149 | ], | 188 | ], | ||
150 | "title": "Jumlah Guru Jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kota | 189 | "title": "Jumlah Guru Jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kota | ||
151 | Bima", | 190 | Bima", | ||
152 | "type": "dataset", | 191 | "type": "dataset", | ||
153 | "url": "", | 192 | "url": "", | ||
154 | "version": "" | 193 | "version": "" | ||
155 | } | 194 | } |